Kamis, 04 Oktober 2012

INDIVIDU DI DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT



     Individu adalah bagian terkecil dalam suatu kehidupan,yang diamana setiap individu mempunyai peran yang berbeda di dalam keluarga maupun bermasyarakat.Hal itulah yang menjadikan kehidupan di dunia menjadi sangat kompleks dan dapat berjalan dengan baik karna saling membutuhkan satu sama lainnya.Setiap individu memiliki posisi atau kedudukan yang berbeda untuk menunjang satu sama lain dalam sistem kehidupan,agar kehidupan ini berjalan dengan baik maka setiap individu ini harus menjalankan setiap posisinya dengan baik dan sesuai. Tetapi dalam hal ini peran setiap individu akan mengalami perubahan dari mulai lahir sampai pada akhir kehidupan nantinya,karena individu ini akan belajar dan meniru apa yang dilihat di lingkungan sekitar yaitu keluarga dan masyarakat. Maka dari itu peran lingkungan keluarga dan masyarakat sangat berperan penting bagi perkembangan masing-masing individu itu sendiri.
     Di dalam kehidupa berkeluarga saya peran saya akan berubah-rubah dengan di pengaruhi usia dan kematangan berfikir, saya berperan sebagai anak dan saya adalah anak tunggal, karena kaka saya telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu. Dalam peran ini tugas saya adalah untuk belajar untuk mencapai cita-cita saya dan mencapa tujuan orang tua saya agar saya dapat menjadi orang yang berhasil, dengan cara melakukan setiap hal yang berhubungan dengan tugas saya ini dengan baik, yaitu belajar keras,mendapat nilai yang baik,patuh terhadap peraturan agama dan pemerintah. Selain itu juga saya harus menjalin hubungan secara emosional dengan keluarga saya yaitu bapak dan ibu agar saya dapat meminta arahan-arahan dan nasehat dalam saya melakukan tugas-tugas agar semua itu dapat berjalan dengan baik karena orang tua adalah salah satu hal utama pendukung dalam terlaksananya kehidupan individu yang baik ke depannya, karena dalam pelaksanaannya saya sebagai individu yaitu anak didalam keluarga pasti akan menemui hambatan-hambatanyang tidak dapat di selesaikan sendiri. Pada saat inilah peran orang tua sebagai individu lain dalam keluarga yang harus berperan membimbing saya agar saya selalu berada di jalan yang benar.Di sisi lain saya juga mendapat hak yaitu kasih sayang dari kedua orang tua saya dengan di berikan perhatian dan pembekalan saya mulai dari saya kecil yaitu agama,pendidikan dan cara bersosialisai agar saya selalu dapat berani menghadapi kehidupan saya ini.
      Selain itu peran saya dalam lingkup yang lebih besar yaitu masyarakat adalah sebagai anggoa dari kelompok tersebut, disini saya juga memiliki peran dan hak yang berbeda dari peran saya di keluarga. Peran di dalam bermasyarakat ini di dapat ketika kita sudah mulai dapat bersosialisasi dan keluar dari lingkungan rumah. Dalam bermasyarakat kita dituntut lebih mandiri karena disini individu lain di dalam masyarakat menganggap orang (individu) yang sudah dapat saatnya mendapat peran di masyarakat sudah bisa mandiri dan dapat menghadapi setiap permasalahan yang terjadi.Di sini adalah tempat dimana pola pikir kita akan terbuka karena masalah-masalah yang kita hadapi tingkatan orang dalam menyelesaikan masalah itupun berbeda-beda sesuai dengan cara mereka sendiri. Tidak berbeda halnya dalam keluarga dalam bermasyarakatpun jika kita ingin menjadi sukses kita harus menjalani tugastugas dengan baik yaitu mengembangkan pola piker sesuai norma, turut serta dalam kegiatan bermasyarakat dan juga mematuhi aturan-aturan yang berlaku karena biasanya di dalam masyarakat ada aturan untuk membatasi setiap bagian yang berperan di situ dalam melakukan setiap hal, peraturan-peraturan itupun akan berbeda di setiap kelompok masyarakat.
     Sebenarnya untuk bisa menjadi orang yang baik tidak terlalu sulit, kita hanya harus melaukan setiap tugas dalam peran kita dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku disana, karena jika kita melakukan hal itu kehidupan individu kita akan terus mengalami peningkatan, semakin lama level kita akan semakin tinggi melewati orang-orang atau individu-individu lain yang tidak menjalani semua tugas dalam perannya dengan baik. Jika anda sudah berada pada level tertinggi disana anda akan sangat mudah menghadapis setiap masalah yang akan anda hadapi karena masalah-masalah di saat awal anda mendapat tugas di peran anda dapat dilewati dengan baik karena disitulah fondasi kekuatan untuk menghadapi masalah-berikutnya yang padahal intinya tidak terlalu berbeda, jadi anda akan mudah menyelesaikan masalah itu dengan baik.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar